Russia Strong

Russia Strong
by Subbhan A, Blogger

index
Bagaimana bisa, Russia, negara yang dikatakan “tidak memproduksi apapun”, yang digambarkan memiliki ekonomi yang lebih kecil dari Inggris dan bahkan spanyol, yang bahkan disebut-sebut menuju kebangkrutan, dapat melakukan kampanye militer besar-besaran di syria bahkan hingga lebih dari 2 bulan?

Jelas bahwa skala ekonomi russia jauh lebih besar yang digambarkan dari media barat. Tidak saja Inggris maupun spanyol tidak bisa menyamai Russia dalam kampanye militer di syria, mereka bahkan tidak bisa membangun progam raksasa luar angkasa, membangun roket sekelas Angara, menggelar militer di lautan Artic, mengembangkan nuklir, dan mengembangkan senjata SAM Missiles system S-400, S-400s dan S-500.

Russia juga mampu membangun jembatan crimea secara cepat pasca crimea menyatakan bergabung dengan Russia, membangun versi google sendiri : Yandex, membuat GPS versi russia: Glonas, dan mengembangkan alternativ SWIFT selepas Russia menerima embargo, dan membuat versi Visa Master ala Russia.

Dan Russia melakukan itu pada satu waktu dan tanpa gejolak! Dan ditengah resesi defisit anggaran Russia sebesar 3pct dari PDB, utang Russia bahkan masih jauh lebih rendah dari utang manapun negara Barat.

Apakah lantas masyarakat Rusia menjalani standar hidup yang lebih rendah karena Ini?

Hampir tidak! Sampai tahun 2015, standar hidup di Rusia naik setiap tahun sejak tahun 1998. Standard hidup di Russia, khususnya Moskow, bahkan menyamai standard hidup masyarakat maju di Eropa.

Banyak yang mengira, Russia dapat melakukan hal diatas karena uang dimiliki dari sektor energy. Menurut saya ini berlebihan. Industri energi Russia hanya menyumbang 16% dari PDB Rusia, sisanya justru dari manufakture, kontruksi, transportasi, dll. Sepertinya, menggunakan ukuran konvensional PDB Rusia berdasarkan dolar AS untuk mengukur skala ekonomi Russia adalah salah. IMF dan Bank Dunia lebih memilih untuk memperkirakan PDB Rusia atas dasar paritas daya beli. Atas dasar itu Rusia memiliki ekonomi terbesar kelima di dunia, kira-kira seukuran Jerman. Bahkan perkiraan itu menurut saya adalah salah. Ini tidak berarti bahwa statistik-nya yang salah. Tapi mungkin karena kita membandingkan dua statistik yang berbeda dari dua ekonomi yang sama sekali berbeda.

Saya bisa mengatakan bahwa ekonomi Rusia beroperasi pada skala yang jauh lebih besar dari Jerman. Secara fisik tidak mungkin bagi Jerman untuk melakukan banyak hal seperti yang Rusia lakukan. Sebaliknya tidak ada yang Jerman lakukan dan yang Rusia tidak bisa melakukan.

Satu-satunya Negara yang dapat menyamai bahkan melampaui kemampuan Russia dalam hal teknologi dan eknomi, adalah Amerika Serikat dan Cina. India, Jerman, jepang, Inggris, Spanyol dapat melakukan beberapa hal yang Russia lakukan, tapi tidak ada satupun dari mereka yang dapat melakukan yang semua Russia lakukan. Tidak ada dari mereka yang setara dengan Russia.

Berapa Biaya Kampanye Syria?

Seberapa besar biaya yang diperlukan Russia untuk melakukan kampanye militer di Syria dan menghabisi para teroris yang beroperasi di sana?

MoscowTimes memberi tahu kita, bahwa biaya yang dikeluarkan Russia sejak kampanye militer tanggal 30-September-2015 sampai 20-October-2015 adalah sebesar 80-115 juta dollar. Kira-kira sehari dana yang diperlukan 4 juta dollar. Biaya tersebut meliputi biaya peralatan militer darat (tank, senjata, amunisi), udara termasuk rudal udara ke darat dan pesawatr tempir, keperluan logistik harian serta infrastrukture.

Mari kita bandingkan dengan budget militer Russia setahun yang besarnya 50 milyar dollar dan kita hitung berapa lama Russia mampu melakukan kampanye militer di syria.

Biaya sebulan operasi militer = 100 juta dollar (ambil nilai moderat)
Biaya setahun operasi militer = 100*12 = 1.2 milyar dollar

Total tahun kampanye militer = 50 milyar / 1.2 milyar
= 50 milyar / 1.2 milyar tahun
= 41 tahun!

Dan jika mengingat cadangan Russia sebesar 500 miliyar dollar dan kita asumsikan dalam keadaan terdesak Russia menggunakan dana ini, maka Russia mampu mengebom para teroris wahabi selama 410 tahun!

Sampai khalifah Al-Baghdadi (ISIS) dan Mohammad Al-Joulani (jahbat Nusra) dan para teroris mati kemudian digantikan anak, cucu, cicit dan keturunannya hingga 7 turunan, Russia mampu menghabisi dan mengebom mereka setiap hari, 7 kali seminggu selama 410 tahun!

Kepada para pendukung teroris wahhabi, saran yang saya bisa sampaikan adalah lupakan tentang biaya perang Russia. Russia masih dan sangat tangguh mengebom idola kalian bahkan sampai kalian mati.

Source :

  1. https://www.rt.com/business/317368-russia-crimea-kerch-bridge/
  2. http://www.russianspaceweb.com/angara5.html
  3. https://rbth.com/science_and_tech/2015/06/10/russia_plans_to_launch_glonass_in_2015_46803.html
  4. Putin tells West Russia will develop own card payment system
  1. http://www.tradingeconomics.com/russia/indicators
  2. http://www.themoscowtimes.com/business/article/calculating-the-cost-of-russias-war-in-syria/540015.html
  3. Why Russian Standard of Living Is Higher Than May Be Gleaned From Statistics
  4. Space development in Russia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s